A. Tujuan Pendidikan Dasar
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan
untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
B. Visi dan Misi Sekolah
Kurikulum disusun oleh satuan
pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan
dan potensi yang ada di madrasah. Madrasah sebagai unit penyelenggara
pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan.
Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut: (1) perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya
arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) era
informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral
manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan,
(6) dan era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang
itu harus direspon oleh sekolah kami, sehingga visi madrasah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut.
Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang
diinginkan di masa datang. Namun
demikian, visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional.
Visi juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan (1) potensi yang dimiliki
madrasah, (2) harapan masyarakat yang dilayani madrasah.
Dalam merumuskan visi,
pihak-pihak yang terkait (stakeholders)
bermusyawarah, sehingga visi Madrasah mewakili aspirasi berbagai
kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan,
siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk
mewujudkannya.
Visi pada umumnya dirumuskan
dengan kalimat: (1) filosofis, (2) khas, (3) mudah diingat. Berikut ini merupakan visi
yang dirumuskan oleh Madrasah kami, MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur.
Visi MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur
“UNGGUL DALAM MUTU,
BERPIJAK PADA IMAN DAN TAKWA”
Kami memilih visi ini untuk
tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai
warga sekolah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan
dalam mencapai tujuan Madrasah.
Visi tersebut mencerminkan
profil dan cita-cita Madrasah yang:
a.
berorientasi
ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
b.
sesuai
dengan norma dan harapan masyarakat
c.
ingin
mencapai keunggulan
d.
mendorong
semangat dan komitmen seluruh warga madrasah
e.
mendorong
adanya perubahan yang lebih baik
f.
mengarahkan
langkah-langkah strategis (misi) madrasah
Indikator Visi :
- Unggul dalam mutu
1)
Unggul
dalam perolehan UAMBN
2)
Unggul
dalam UN
3)
Unggul
dalam persaingan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya
4)
Unggul
dalam Karya Ilmiah Remaja
5)
Unggul
dalam lomba kreativitas
6)
Unggul
dalam lomba pidato
7)
Unggul
dalam lomba olah raga
- Bepijak pada iman dan taqwa
1)
Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan.
2)
Menerima semua pemberian dan keputusan Tuhan Yang Maha Esa dengan
ikhlas.
3)
Berusaha semaksimal mungkin untuk meraih hasil atau prestasi yang
diharapkan (ikhtiar).
4)
Berserah diri (tawakal) kepada Tuhan Yang Maha Esa setelah selesai melakukan usaha maksimal (ikhtiar).
5)
Menjalankan ibadah sesuai dengan syariat yang benar.
6)
Memberi salam pada saat awal dan akhir pembelajaran.
7)
Menjaga lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah, dan
masyarakat.
8)
Memelihara hubungan baik dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
9)
Menghormati
orang lain dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya.
Untuk mencapai visi tersebut,
perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang
jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.
Misi MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur
”DISIPLIN DALAM KERJA, MEWUJUDKAN MANAJEMEN KEKELUARGAAN,
KERJASAMA, PELAYANAN PRIMA DENGAN MENINGKATKAN SILATURAHIM”
Di setiap kerja komunitas pendidikan, kami selalu
menumbuhkan disiplin sesuai aturan bidang
kerja masing-masing, saling menghormati dan saling percaya dan tetap menjaga
hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama, dan
silaturahmi. Penjabaran misi di atas meliputi:
1. Melaksanakan pembelajaran dan
bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal,
sesuai dengan potensi yang dimiliki.
2. Menumbuhkan semangat
keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
3. Mendorong dan membantu setiap
siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara
optimal.
4. Menumbuhkan
dan mendorong keunggulan dalam penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
5. Menumbuhkan penghayatan
terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga terbangun siswa
yang kompeten dan berakhlak mulia.
6. Mendorong lulusan yang
berkualitas, berprestasi, berakhlak tinggi, dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha
Esa.
Indikator Misi
a.
Disiplin
dalam kerja
1) Datang ke madrasah dan pulang
dari madrasah tepat waktu
2) Patuh pada tata tertib atau
aturan madrasah
3) Mengerjakan setiap tugas yang
diberikan
4) Mengumpulkan tugas tepat waktu
5) Mengikuti kaidah berbahasa yang
baik dan benar
6) Memakai
seragam sesuai dengan ketentuan yang berlaku
b.
Mewujudkan
manajemen kekeluargaan
1)
Adanya
musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan
2)
Saling
menghormati dalam setiap pendapat yang berbeda
3)
Saling
membantu dalam menyelesaikan tugas yang dibebankan
4)
Adanya
komunikasi yang kuar antar elemen madrasah
c.
Kerjasama
1) Bersedia melakukan tugas sesuai
kesepakatan bersama
2) Bersedia membantu rekan
semadrasah tanpa mengharap imbalan
3) Aktif dalam setiap penyelesaian
masalah bersama
4) Memusatkan perhatian pada tujuan
madrasah
5) Tidak mendahulukan kepentingan
pribadi di atas kepentingan madrasah
6) Mencari
jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antar elemen madrasah
d.
Pelayanan prima dengan
meningkatkan silaturahim
1)
Menghormati setiap pengguna jasa madrasah dan memperhatikan kepentingan
mereka
2)
Pelayanan dengan sepenuh hati
3)
Kunjungan silaturahmi ke setiap elemen madrasah
4)
Hubungan yang kuat antara orang tua/ wali murid dengan madrasah
5)
Selalu mengontrol kehadiran siswa-siswa dan mengunjungi mereka yang absen
di luar batas maksimal
6)
Mendengarkan dan memberi solusi setiap permasalahan dan keluh-kesah orang
tua/ wali murid terhadap madrasah
7)
Adanya tatap muka atau pertemuan rutin dengan semua orang
tua/wali murid
Misi merupakan kegiatan jangka
panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki
tujuan lebih detil dan lebih jelas. Berikut ini jabaran tujuan yang diuraikan
dari visi dan misi di atas.
C. Tujuan Madrasah
Tujuan madrasah merupakan jabaran dari visi dan misi
madrasah agar komunikatif dan bisa diukur sebagai berikut:
1. Unggul dalam kegiatan keagamaan dan kepedulian madrasah.
2. Unggul dalam perolehan nilai UN dan UAMBN.
3. Unggul dalam persaingan masuk ke jenjang SMA/MA/SMK
terbaik.
4. Unggul dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi,
terutama bidang sains dan matematika.
5. Unggul dalam lomba olah raga, kesenian, Tapak Suci, Pidato
4 bahasa, Tartil dan HW.
6. Unggul dalam kebersihan dan penghijauan sekolah.
Tujuan madrasah tersebut secara bertahap akan
dimonitoring, dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu tertentu, untuk
mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah
Tsanawiyah yang dibakukan secara nasional, sebagai berikut:
1. Meyakini, memahami, dan menjalankan ajaran agama yang
diyakini dalam kehidupan.
2. Memahami dan menjalankan hak dan kewajiban untuk berkarya
dan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
3. Berpikir secara logis, kritis, kreatif, inovatif dalam
memecahkan masalah, serta berkomunikasi melalui berbagai media.
4. Menyenangi dan menghargai seni.
5. Menjalankan pola hidup bersih, bugar, dan sehat.
6. Berpartisipasi dalam kehidupan sebagai cerminan rasa
cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air.
Selanjutnya, atas keputusan bersama guru dan siswa, SKL
tersebut lebih kami rinci sebagai profil siswa MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur sebagai berikut:
1. Mampu menampilkan kebiasaan sopan santun dan berbudi
pekerti sebagai cerminan akhlak mulia dan iman taqwa.
2. Mampu berbahasa Inggris dan Arab secara aktif.
3. Mampu mengaktualisasikan diri dalam berbagai seni dan
olah raga, sesuai pilihannya.
4. Mampu mendalami cabang pengetahuan yang dipilih.
5. Mampu mengoperasikan komputer aktif untuk program
microsoft office dan internet eksplore.
6. Mampu melanjutkan ke SMA/SMK/MA terbaik sesuai pilihannya
melalui pencapaian target pilihan yang ditentukan sendiri.
7. Mampu bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi akademik
dan non akademik di tingkat kecamatan, kabupaten , provinsi, dan nasional.
8. Mampu memiliki kecakapan hidup personal, sosial, lingkungan dan kecakapan hidup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar